Direktur AMM Tinjau KMP Ihan Batak

0
405
PARAPAT-Warta Poldasu.com-Direktur Angkutan Multi Moda (AMM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ahmad Yani dan Direktur Komersial ASDP PT Indonesia, Ferry Persero M Yusuf Hadi sebagai penanggungjawab pelaksanaan operasional kapal, bersama rombongan meninjau pengoperasian perdana KMP Ihan Batak di Danau Toba Pelabuhan Ajibata Kabupaten Tobasa, Kamis (27/12).
Ahmad Yani kepada wartawan mengatakan KMP Ihan Batak diperuntukkan untuk masyarakat Toba. Pihaknya melihat masyarakat sangat antusias dengan keberadaan Kapal Ihan Batak yang saat ini sudah beroperasi untuk mengangkut penumpang dan kendaraan antar pelabuhan Ajibata dan Pulau Smaosir.
Menurut dia, untuk tahun mendatang pihaknya akan menambah kapal yang mirip dengan Kapal Ihan Batak termasuk fasilitasnya. Ruang penumpang dilengkapi dengan pengatur suhu udara Air Condition (AC), CCT, dan memiliki alat keselamatan lengkap serta fasilitas lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keamanan penumpang di dalam kapal.
“Tahun depan kita akan operasikan dua lagi kapal serupa untuk melayani penyeberangan dengan rute Pelabuhan Ajibata – Ambarita, kalau masih kurang lagi kita akan berkoordinasi dengan balai,”katanya.
Ahmad mengakui peresmian pengoperasian KMP Ihan Batak semestinya 12 Januari 2019 mendatang, namun dengan adanya momen Natal dan Tahun Baru 2019, namun untuk menghindari adanya antrian panjang selama libur natal dan tahun baru, ASDP memiliki inisiatif yang maju khusus penyeberangan dari pelabuhan Ajibata Tobasa-Samosir dapat terurai, sehingga kapal tersebut dioperasikan.
Menurut Ahmad Yani, dengan penataan pelabuhan Ajibata yang didukung dengan infrastruktur jalan baik dan dipadu dengan alat penyeberangan danau yang memadai, tempat ini dapat dikelola untuk destinasi pariwisata menarik sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
Dia juga mengajak ASDP dan seluruh masyarakat agar merawat, menjaga kebersihan KMP Ihan Batak dengan baik sehingga dapat dipergunakan dengan jangka waktu lama dalam mendukung aktifitas sosial, ekonomi dan aktifitas masyarakat lainnya.
“Terima kasih kepada pemerintah kabupaten Tobasa yang telah mendukung pembuatan Kapal ini hingga bisa beroperasi di Danau Toba,”ujaarnya.
Sementara itu, Direktur Komersial ASDP M Yusuf Hadi berterimakasih kepada Pemerintah melalui Kementerian perhubungan karena sudah mempercayakan mengoperasikan KMP Ihan Batak di Pearairan Danau Toba.
Kapal Ihan Batak ini hadir untuk memberikan semangat kepada masyarakat di Danau Toba dengan berharapan kapal ini sebagai contoh edukasi keselamatan prioritas yang tidak kalah pentingnya untuk mendukung  kepariwistaan melalui sarana dan prasarana dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan Danau Toba .
Dikatakannya pihaknya siap mengoperasikan KMP Ihan Batak dengan standar safety, standar security dan aturan-aturan.
Pengamatan wartapoldasu, peninjauan KMP Ihan Batak, rombongan langsung berdialog dengan bebebapa penumpang. Hermanto warga Jakarta mengaku dirinya dan keluarga rutin berlibur ke Pulau Samosir menggunakan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata kerap antri panjang akibat kapal tidak muat menampung kendaraan mereka.

“Syukurlah KMP Ihan Batak sudah beroperasi, kapal ini sangat membantu untuk menyeberangkan kendaraan dan penumpang ke Pulau Samosir, kami tidak perlu antri hingga menunggu lama untuk dapat giliran masuk ke dalam Ferry penyeberangan, kami sangat senang,” katanya kepada Ahmad Yani.Ardiansyah Nasution

Foto-Ist

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here