KMP Ihan Batak Resmi Beroperasi di Danau Toba

0
270
PARAPAT-Warta Poldasu.com-Kapal Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak resmi beroperasi di Kawasan Danau Toba untuk melayani rute Pelabuhan Ajibata Kabupaten Tobasa menuju Pelabuhan Ambarita Kabupaten Samosir dan sebaliknya, Kamis (27/12) sore.
General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga Anang Wahyudi sebagai penanggung jawab operasional KMP Ihan Batak sebelum berlayar dari pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita kepada wartawan menyampaikan KMP Ihan Batak merupakan transportasi danau yang nyaman dan handal program Presiden Jokowidodo untuk melayani dan memanjakan masyarakat dan wistawan di destinasi Pariwisata Danau Toba.
“Hari ini, kapal Ihan Batak resmi beroperasi di Danau Toba untuk mengangkut penumpang dan kendaraan menuju ke dan dari pelabuhan Ajibata Tobasa-Ambarita Samosir, kapal ini satu-satunya tipe Roro yang memenuhi aspek-aspek dan mengutamakan pelayanan keselamatan,”katanya.
Ditambahkannya, KMP Ihan Batak dengan main power 10 knot mampu menempuh jarak 9 mil antar Pelabuhan Ajibata dengan Ambarita dan sebaliknya hanya sekitar 55 menit perjalanan.
Sementara Kementerian Perhubungan Jendral Perhubungan Darat melalui Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara Sri Hadianto menjelaskan kapasitas KMP Ihan Batak menampung 282 penumpang, 34 mini bus dan 3 sepeda motor satu kali perjalanan.
Diterangkannya, untuk tarif harga satu orang penumpang dewasa dihargai Rp 9.000, anak-anak Rp 4.000, satu unit mini bus Rp 135.000 sudah termasuk 5 orang penumpang di dalam mobil dan sepeda motor Rp 13.000 dalam satu kali penyeberangan antar pelabuhan.
Dikatakannya untuk jadwal keberangkatan KMP Ihan Batak dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita selisih 4 jam setiap satu kali keberangkatan, trip pertema dari Pelabuhan Ajibata sekira 06.30 Wib dan terakhir 18.30 Wib.
Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) pembantu Syahbandar Pelabuhan Ajibata M Lumbantobing SH menggatakan KMP Ihan Batak sudah memiliki izin berlayar dan siap beroperasi melayani masyarakat dan wistawan di destinasi pariwisata di Danau Toba.
P Manalu, salah satu penumpang kepada Warta Poldasu.com

Foto-Deck KM Ihan Batak saat melakukan penyeberangan di perairan danau Toba beberapa waktu lalu.

mengapresiasi keberadaan KMP Ihan Batak.”Saya senang karena kapal Ihan Batak sudah beroperasi untuk pelayanan penyeberangan penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Ajibata-Ambarita dan kapal nyaman dan aman di tumpangi,” katanya.Ardiansyah Nasution

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here