Menristek Dikti Jadi Tamu Kehormatan Masyarakat Pakpak

0
27

PAKPAK-Wartapoldasu.com-Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H Mohamad Nasir, Ph.D, Ak menjadi tamu kehormatan masyarakat Pakpak.

Selain itu, Prof H Mohamad Nasir juga dinobatkan menjadi warga Pakpak bermarga Angkat. Penobatan itu dilakukan langsung oleh tokoh adat Pakpak, Silima Suak disela-sela acara kuliah umum di Kabupaten Dairi, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Menristek mengatakan, untuk bisa kuliah, umumnya dilakukan di perguruan tinggi. “Penting sekali kami sampaikan bahwa di Dairi ini, ada potensi untuk pertanian tetapi masalahnya sumber daya manusianya,”katanya.

Dia menambahkan, Bupati Dairi menginginkan adanya Science Techno Park (STP). Namun, berhubung karena belum adanya sarana perguruan tinggi di daerah ini. Sehingga perlu dilakukan adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, akademisi, dan dunia industri.

“Nantinya perguruan tinggi yang ada harus disesuaikan dengan potensi di daerah ini, baik itu pertanian dan kopi,”ujarnya.

Selama ini, sambung dia, Kabupaten Dairi terkenal dengan produksi kopinya yakni kopi Sidikalang, akan tetapi kopi tersebut hanya untuk konsumsi lokal saja. Sehingga tidak banyak memberikan dampak bagi warganya.

“Bagaimana produk ini dikenal di luar, maka perlu adanya perguruan tinggi,”terang mantan Rektor Universitas Diponegoro itu.

Karena itu, dia meminta agar Pemda menyiapkan sumber daya manusianya jika ingin mendirikan perguruan tinggi. Jika SDM nya sudah ada, pendirian perguruan tinggi itu dalam bentuk politeknik atau akademi komunitas bisa dilakukan dengan mudah.

Sejumlah kampus Negeri di wilayah itu, masih kata dia, baik Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), maupun Politeknik Medan akan membantu operasional kampus di Dairi.

“Yang penting ada SDM nya, kalau sudah ada SDM nya maka kampus-kampus lain akan membantu,” paparnya.

Pendirian perguruan tinggi baru itu, tambah dia, sejalan dengan visi misi Presiden Jokowi yang pada periode kedua fokus pada pembangunan SDM. Salah satunya dengan pemerataan pendidikan tinggi.

“Tidak hanya di Dairi, tetapi juga di daerah-daerah lainnya. Sehingga pendidikan tinggi kita bisa merata,”urainya.

 

Sebelumnya Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu berharap Menristekdikti, mewujudkan cita-cita warga dairi, yakni dairi unggul untuk kesejahteraan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi kini diarahkan kepada pembangunan SDM dan sarana-prasarana pendukung.

“Hal itu guna mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk peningkatan produktivitas. Saat ini tengah merintis proyek pengembangan sains dan teknologi, yaitu Dairi Techno Park Proyek ini memanfaatkan lokasi taman rekreasi sidikalang.

Eddy juga berharap, Menristek Dikti mendukung penggelontoran anggaran untuk rintisan proyek ini.

Disamping itu dia juga berharap mendapatkan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu atau miskin, apalgi dari pelosok-pelosok di daerah ini.Kabiro Dairi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here