Pemerintah Tinjau Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba

0
73
Foto-Ist

SAMOSIR-Warta poldasu. Com- Kepala Biro LPPBMN Kementerian Perhubungan
Harno Trimadi bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya, Kasubdit Lalin SDP Bowo beserta Kasi Pelabuhan Sungai dan Danau Rudy Arya meninjau kesiapan penyebrangan angkutan lebaran di Pelabuhan Ihan Batak di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samoair, Senin (3/060).

Diperkirakan, Pelabuhan Ajibata akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dan wisatawan untuk menyebrang menuju Kabupaten Samosir, sehingga sering terjadi kemacetan panjang karena antrian masuk ke kapal penyeberangan.

Kepada wartawan, Harno Trimadi berjani akan melakukan semua upaya untuk memperlancar jalur penyeberangan sehingga masyarakat bisa menikmati momen-momen penting sesuai dengan keinginan masyarakat itu sendiri. “Kami akan melakukan suatu kajian yang lebih mendalam agar nantinya lebih baik dan tidak terjadi antrian-antrian lagi,”katanya.

Menurut dia, kedepannya pihaknya akan mengkaji ulang perampingan pelabuhan. Sebab, saat ini pelabuhan dinilainya sudah terlalu banyak. Sehingga, fungsi dan kegunaanya tidak maksimal. “Idealnya pelabuhan itu tidak boleh banyak, kedepan pelabuhan pelabuhan-pelabuhan itu tidak hanya digunakan oleh ASDP saja tetapi juga bisa digunakan oleh swasta agar bisa terkontrol,”ujarnya.

Kedepan, sambung dia, Pelabuhan Kapal milik BUMM dan Milik Swasta akan disatukan agar lebih efektif dan efisien, sehingga proses pemeriksaanya lebih mudah. Meski begitu, Kapal-kapal tersebut harus lah berstandar Nasional sebagaimana yang ditetapkan pemerintah. “Kita juga sudah melakukan pengecekan di enam Labuhan yang ada di danau toba ini. Saya menghimbau agar para penumpang kapal yang berlayar di Danau Toba ini Life Jackets,”ujar Harno

Sementara itu Kepala BPTD Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya mengatakan, dalam  mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan mudik termasuk meningkatnya kunjungan wisatawan pihaknya telah membuat praturan agar antrian tidak terlalu memanjang dan tidak menganggu para peguna Jalan.

“Kita sudah membuat kantong-kantong parkir di tiga titi dan tentunya kita telah menambah jam operasional KMP Ihan batak, jadwal jadwalnya akan disesuaikan dengan melihat situasi di lapangan dengan tarif Normal,”ujar Putu

Selain meninjau Pelabuhan Ajibata tim ini juga meninjau Dermaga Pelabuhan kapal Kayu di tiga Raja kecamatan Girsang Sipang Bolon Kabupaten Simalungun untuk memastikan kesiapan kedua Pelabuhan tersebut menghadapi lonjakan penumpang saat libur Lebaran.

Sebab, dari perkiraanya puncak wisatawan yang akan berkunjun Kabupaten Samosir akan terjadi pada 6 juni 2019. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan 10 Juni 2019.

“Pengguna kapal kayu agar senantiasa menuruti arahan dari Dishub setempat demi menjaga keselamatan bersama dan jangan memaksakan diri untuk menaiki kapal yang sudah penuh dan gunakanlah Life Jackets saat kapal sudah mulai berlayar,”pungkasnya.Ardiansyah Nasution

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here