Peras warga, Polisi Gadungan dan 3 Oknum wartawan ditangkap

0
739

WartaPoldasu.com,Batu Bara-Seorang polisi gadungan diringkus di Batubara, Sumut, Rabu (27/9). Dia diduga telah melakukan pemerasan dengan menggunakan seragam Polri bersama komplotannya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, tersangka bernama Jusalim Tanjung (36), warga Jl Karya, Medan. Ditangkap bersama Sutan Simanjuntak (47), warga Jl Tirta Sari, Medan; Tanjo Siregar (47), warga Jl Perhubungan, Deli Serdang; Leo Nardo Silalahi (49), warga Jl Sukaria, Medan; dan Agus Saragih (36), warga Bandar Tinggi, Bandar Masilam, Simalungun. Tiga nama pertama merupakan oknum wartawan surat kabar mingguan.

“Saat beraksi, tersangka Jusalim Tanjung menggunakan pakaian dinas atau PDH polisi dengan pangkat Iptu,” kata Rina, Rabu (27/9).

Rina menjelaskan, kronologi penangkapan ini berawal dari pemerasan yang dialami korban bernama Edy Setyawan Sinaga (27), warga Lias Baru, Bandar Masilam, Simalungun. Pemerasan terhadap dirinya berawal saat dia ditelepon oleh seseorang dan diminta datang ke simpang tiga Lias Baru, Selasa (26/9) malam.

Menurut korban, Kronologi kejadian nya ditangkap oleh polisi gadungan terjadi Pada hari Selasa 26/09/2017 sekitar pukul 20.00 wib, Korban Edy setyawan Sinaga, 27 thn, warga Desa Lias Baru ditelepon oleh FII untuk datang ke simpang 3 Lias Baru, saya mendatangi Fii dengan mengenderai Sepeda Motor, sesampainya di simpang tersebut saya langsung ditangkap dan dipukuli kemudian dibawa ke Simpang Bandar Tinggi lalu dinaikkan kedalam Mobil. Saya dibawa keliling keling dari Sungai Langge sampai Tanjung Kasau.

Didalam mobil saya dituduh sebagai bandar Narkoba dan disuruh menghubungi keluarga untuk menyelesaikan masalah saya Rp.50 Juta, karena Uang tak ada saya dibawa ke Medan, selanjutnya Paman Saya Gomgom Sinaga yang langsung berbicara kepada tersangka hingga kami kembali dari Medan ke SPBU Bandar Tinggi.

Sesampainya di SPBU Bandar Tinggi Langsung ditangkap oleh Personil Polsek Indrapura dibawah pimpinan Kapolsek Indrapura AKP KUSNADI, sedangkan Sepeda Motor Korban sampai sekarang ini belum ditemukan masih dalam pengusutan terhadap tersangka.

“hingga saat ini, sepeda motor korban belum ditemukan. Begitupun, pihak kepolisian tengah mencari sepeda motor milik korban,” tambahnya.

Sementara itu, kata Rina, saat ini, para tersangka tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Indrapura. (tim).