Petani Kopi Dairi Dapat Peralatan Teknologi Canggih

0
25

DAIRI-Wartapoldasu-Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Bupati Dairi, DR Eddy Kelleng Ate Berutu dan PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), sosialisasikan Presisi Smart Farming and Soil Weather Sensor, kepada petani.

Acara tersebut di hadiri Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pertanian dan Perikanan Kementerian Komunikasi dan Informatika Wijayanto, Chief Marketing Office PT MSMB, A Trianita Hesti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Anton Sihaloho, Sos, Msi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs Leonardus Sihotang, Kepala Dinas Pertanian, Ir Herlina Tobing, Penyuluh Pertanian dan Anggota dan Pengurus Kelompok Tani.

Dalam sesi tanya jawab salah seorang Petani, Koster Tarihoran (45) Penduduk Desa Perjuangan mengaku, sangat mengapresiasi dan menyambut gembira acara sosialisasi Soil and Weather Sensor untuk kebutuhan pertanian.

Dia juga menyampaikan terimakasih karena Pemerintahan Kabupaten Dairi sudah menganggap para petani bagian dari masyarakat Dairi dan mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Dairi.

Terimakasih kepada Bupati baru Dairi karena sudah memberikan perhatian kepada kami sebagai Petani,” kata Koster.

Selanjutnya setelah sosialisasi  Soil and Weather Sensor, Bupati Dairi bersama Kemenkominfo dan PT MSMB melakukan kunjungan lapangan untuk implementasi dan pemasangan di Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul.

Bupati Dairi, DR Eddy Berutu di dampingi Ketua TIM PKK Kabupaten Dairi, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi akan terus membangun kerjasama dengan kemitraan baik itu Asosiasi, Non Goverment Organization (NGO) dan lembaga lain untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten Dairi.

“Saya percaya  bahwa kita para petani sudah mendapatkan pengalaman dari orang tua secara turun temurun, dan saya salut kepada para petani, hanya orang-orang tangguhlah yang bisa bertahan di dalam pertanian karena perputaran uang di kabupaten Dairi berasal dari sektor pertanian.

Pemerintah kabupaten Dairi ingin memastikan bahwa petani petani kita terus berproduksi dan menyuplai yang di hasilkan ke seluruh dunia” kata DR.Eddy.

Kopi Sidikalang, sambung dia, dengan pemasangan Soil and Weather Sensor, hasil pertanian yang sudah baik akan lebih baik lagi. Sehingga kedepannya Kabupaten Dairi lebih di kenal dunia dengan hasil pertaniannya.

Chief Marketing Officer PT MSMB, A Trianita Hesti memaparkan tujuan pemasangan Soil and Weather Sensor ini adalah untuk memberikan informasi secara real time, tepat  dan presisi kepada petani yang lahannya di sekitar alat tersebut.  Alat ini juga mempunyai fungsi untuk membuat data berupa  log  dan dengan data tersebut maka dapat digunakan oleh peneliti untuk memprediksikan cuaca yang di mana tensinkronkan ke Satelit BMKG.

“Alat ini menggunakan daya baterai atau baterai isi ulang dan dapat juga di kombinasikan sehingga dapat menghasilkan daya yang lebih lama,” papar Hesti.

Dia menambahkan, dengan menggunakan alat ini petani di saat melakukan pemupukan sesuai dengan dosis yang di butuhkan tanah keberadaan sensor tanah dan cuaca yang terpasang di lahan pertanian, juga akan membantu petani dalam memantau kondisi tanaman.

Data yang dapat di peroleh dari sensor diantaranya seperti kelembaban udara dan tanah, suhu, Ph tanah, kadar Air, hingga estimasi masa panen dan terintegrasi dengan aplikasi berbasis Android RiTx.Kabiro Dairi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here