Seperti Pisau Bermata Dua, Sosial Media Dapat Bermamfaat dan Juga Merugikan

0
18
Kiev, Ukraine - October 17, 2012 - A logotype collection of well-known social media brand's printed on paper. Include Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, Vimeo, Flickr, Myspace, Tumblr, Livejournal, Foursquare and more other logos.

Zazindo.com –  Sosial media layaknya pisau bermata dua yang di satu sisi dapat bermamfaat namun di sisi lainnya dapat menjadi merugikan. Pada zaman teknologi seperti sekarang ini, internet merupakan sebuah kebutuhan mendasar yang sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Perkembangan Sosial Media

Perkembangan teknologi internet memicu berkembangnya teknologi pendukungnya. Salah satu yang sejalan dengan perkembangan teknologi internet adalah Sosial Media. Sosial media diciptakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan interaksi sesama manusia agar dapat terhubung lebih luas lagi.

Sosial Media telah menyatukan manusia dari segala penjuru dunia, segala umur, segala gender, segala profesi, segala bahasa bahkan segala suku. Namun dibalik perkembangan teknologi komunikasi seperti sosial media ini ternyata menyimpan fakta yang harus dimengerti dan dipahami semua orang yang memakainya.

Baik dan Buruknya Peran Sosial Media

Sosial media yang berkembang pesat telah menjadi pisau bermata dua yang menyimpan se-gudang mamfaat namun juga menyimpan se-gudang masalah dan berikut adalah penjelasan secara lengkapnya :

  1. Hal Baik dari Sosial Media

Sosial media menyimpan banyak mamfaat yang dapat dirasakan oleh semua penggunanya, mamfaat yang bisa langsung dirasakan seperti :

  • Mendapatkan Banyak Teman,
  • Berjumpa Kembali Dengan Orang Yang Lama Berpisah,
  • Mudah Mempromosikan Produk atau Merek,
  • Mudah Mengembangkan Usaha atau Berjualan,
  • Banyak lagi hal baik lainnya.
  1. Hal Buruk Dari Sosial Media

Namun dibalik kebaikannya, Sosial Media menyimpan hal buruk yang tidak kalah menakutkan bagi penggunanya secara langsung. Hal buruk dari Sosial Media adalah sebagai berikut :

  • Banyaknya’Bullying’ atau Penindasan terhadap seseorang,
  • Banyaknya Konten Negatif Yang Beredar,
  • Banyaknya ‘Predator’ Anak Yang Megincar Anak-anak,
  • Banyaknya Penipuan Yang Terjadi,
  • Mudahnya Menyebarkan Propaganda dan ‘Hoax’ atau Berita Bohong,
  • Banyaknya Promosi Produk Terlarang Seperti Judi Online, Prostitusi dan lainnya,
  • Serta banyak lagi hal buruk lainnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah sebenarnya Sosial Media yang telah berkembang saat ini adalah hal baik atau buruk? Jawabannya ada pada masing-masing orang yang menggunakannya. Sosial Media tidak bisa dibilang benar-benar baik juga tidak bisa di bilang benar-benar buruk karena keduanya ada dan menyatu di dalamnya.

Hal ini bisa dicontohkan sebuah pensil yang tajam. Pensil yang tajam dapat digunakan untuk menulis sebuah kalimat yang indah di atas kertas, namun sebuah pensil juga dibuat untuk menusuk seseorang hingga terluka bahkan meninggal. Jadi apakah pensil itu buruk ?

Kesimpulan

Sosial Media diciptakan pertama kali adalah untuk membantu serta memudahkan kehidupan manusia. Saya yakin sang pencipta tidak berpikir untuk menciptakan sebuah Sosial Media untuk hal yang buruk. Jadi cobalah untuk lebih cerdas dalam memamfaatkan Sosial Media pada semua lini kehidupan ini. Pikirkan dahulu sebelum mempublikasi sesuatu gambar atau video atau ide atau hal atau perkataan, karena akibat sebuah kesalahan kecil bisa berakibat fatal seperti dipenjara karena melanggar undang-undang ITE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here