Tim Gabungan Periksa Kapal Penyeberangan Danau Toba

0
153
Foto-Ist

SIMALUNGUN-Warta poldasu.com – Balai pengelola Trasportasi Darat Wilayah II Sumatera Utara (BPTD Wil II Sumut) bersama Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumut melaksanakan Rancheck Kapal Ferry dan sejumlah Kapal Tradisional penyeberangan di Danau Toba.

Pengecekan Trasportasi (Ranchek) Kapal Ferry dan Kapal-kapal tadisional dalam rangka kesiapan arus mudik lebaran dan wisata Danau Toba tahun 2019 dilakukan sejak 22-25 Mei diseluruh perairan Danau Toba.

Dalam pemeriksaan kali ini, tim memeriksa alat keselamatan berlayar seperti Life Jacket, Racun Api, Life Bouy dan kelengkapan alat kesehatan (P3K). Kemudian, tim ini juga memeriksa administrasi kapal seperti sertifikat kelayakan berlayar dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) Nakhoda termasuk pelarangan pemasangan teralis besi pada kapal tiga deck.

Adapun tim yang melakukan pemeriksaan ini terdiri dari 27 orang yang terdiri dari 15 personil dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dipimpin langsung oleh Ibrohim selaku Kasi ASDP Sungai dan Penyeberangan, sedangkan personil dari Ditpolairud Polda Sumut sesuai surat perintah tugas yang dikeluarkan Kombes Pol Yosi Muhamartha berjumlah 12 orang.

Dari 352 kapal yang sudah diperiksa, 20 unit dinyatakan layak operasi dan akan dikeluarkan sertifikatnya. Sementara 212 kapal lainnya belum diperiksa. Naun demikian, tim ini akan segera melakukannya.

Khusus dalam pengangkutan lebaran kali ini, tim pemeriksa meminta kepada para pengusaha kapal agar dilakukan sistem pelaporan jumlah penumpang. Baik yang berangkat maupun yang tiba dan dilaporkan kepada petugas.

“Air Weather Statin (AWS) dari BMKG sudah terpasang di Pelabuhan Tigaras dan berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan alat komunikasi radio (HT) sdah dipasang. Ini semua dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga bila terjadi sesuatu, tim penyelamat bisa langsung bergerak ke lokasi,”kata Ibrohim.Ardiansyah Nasution

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here