Tim penyelamat selamatkan 180 paus terdampar di Australia

SYDNEY: Lebih dari 90 paus mati terdampar di teluk terpencil di Australia selatan saat tim penyelamat menggambarkan misi untuk menyelamatkan 180 paus yang terdampar sebagai misi yang cukup menantang.

Para ilmuwan telah menemukan dua paus besar berekor panjang yang terdampar di pantai berpasir Macquarie Harbour, pantai barat Tasmania yang tidak berpenghuni.

Gambar di tempat kejadian menunjukkan kondisi perairan dangkal dengan sejumlah besar mamalia hitam bergerak mencari ruang angkasa ke laut lepas.

Tim penyelamat terlihat turun ke air untuk membantu paus dalam upaya mereka mengapung kembali mamalia ke perairan yang lebih dalam.

Ahli biologi kelautan pemerintah Kris Carlyon mengatakan sekitar sepertiga dari 270 hewan mati Senin lalu dan upaya penyelamatan cukup sulit dan mungkin memakan waktu beberapa hari.

Meskipun perburuan paus skala besar telah terjadi di Tasmania, kelompok sebesar ini belum pernah disaksikan di daerah tersebut selama lebih dari satu dekade.

Hewan tersebut hanya bisa didekati oleh sebuah kapal yang akan didekati. Sekitar 60 orang termasuk relawan dan karyawan dari pusat ikan setempat membantu upaya penyelamatan.